Cara Mendaftarkan Website atau Blog Ke Google

  • 2 min read
  • Okt 30, 2020

Pada kolom tutorial kali ini, saya akan membagikan cara mendaftarkan website atau blog ke Google. Seperti kita tahu, Google adalah mesin pencari yang paling populer saat ini. Setiap hari orang-orang selalu membuka google untuk mencari informasi yang diinginkan. Nah bagi orang-orang yang baru terjun ke dunia blogging, atau yang baru membuat sebuah blog atau website pastinya menginginkan web atau blognya berada di halaman pencarian google. Tentu memang tidak mudah untuk tampil di halaman pencarian google apalagi di halaman pertama. Butuh yang namanya teknik menaikkan rangking kata kunci sebuah website atau yang sering kita dengan dengan istilah SEO (Search Engine Optimization).

Namun jauh sebelum itu, teman-teman harus terlebih dahulu mendaftarkan website atau blognya ke Google. Tujuannya agar website paling tidak sudah ‘berkenalan’ dengan Google. Kan ada istilah gini “Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Google pun begitu. Website kita pengen masuk ke pencarian Google, masa iya gak kenalan dulu. Ya kan? Untung banget Google punya Google Webmaster Tools atau yang sekarang terkenal dengan nama Google Search Console.

Nah terus gimana cara daftarnya donk? Silahkan teman-teman ikuti langkah berikut:

*Tutorial ini untuk blog / web yang menggunakan platform wordpress

Untuk masuk ke Google Webmaster Tools kita harus menggunakan akun email dari google (google mail/gmail). Jadi teman-teman harus siapkan dahulu 1 akun gmail yang aktif untuk submit ke Google Webmaster Tools. Jika belum punya akun gmail silahkan baca postingan tentang Cara Membuat Akun Email di Gmail terlebih dahulu.

1. Buka Google, ketikkan “Google Webmaster Tools”

Pencarian Google Webmaster Tools

2. Klik hasil pencarian google yang paling atas (situs resmi google webmaster tools)

Hasil Pencarian Google Webmaster Tools

3. Maka akan muncul tampilan dari Google Webmaster Tools. Klik tombol “Search Console”

Tampilan Awal Google Webmaster Tools

4. Akan muncul tampilan dari Google Search Console. Lalu klik tombol “Mulai Sekarang”

Tampilan Google Search Console

5. Jika di browser teman-teman belum login ke akun gmail, maka akan diarahkan ke halaman login email. Silahkan isikan email dan password yang valid, lalu klik tombol berikutnya.

Tampilan Halaman Login Gmail

Tampilan Halaman Login Gmail - 2

6. Jika berhasil login, maka teman-teman akan langsung diarahkan ke halaman dashboard dari google search console. Untuk memulainya silahkan pilih Awalan URL dan masukkan alamat web/blog teman-teman ke dalam kolom url yang telah disediakan lalu klik tombol Terus

Tampilan Awal Google Search Console

7. Selanjutnya akan muncul metode verifikasi. Pilih verifikasi menggunakan Tag HTML. Lalu salin/copy meta tag yang ada.

Verifikasi Google Search Console

8. Buka halaman admin dari blog/website wordpress teman-teman di Tab browser yang baru. Pastikan sudah terinstal dengan plugin SEO seperti Yoast, Rank Math atau All in one seo. Dalam hal ini saya akan contohkan verifikasi google webmaster menggunakan plugin Yoast. Buka pengaturan Yoast di wordpress. Lalu masukkan kode verifikasi yang sudah di copy sebelumnya ke kolom yang disediakan. Lalu klik tombol Save Changes / Simpan Perubahan

Masukkan Kode Verifikasi ke Yoast

10. Kembali ke tampilan situs google webmaster tools. Silahkan klik tombol Verifikasi

Verifikasi Google Search Console

11. Jika berhasil maka akan tampil seperti berikut

Verifikasi Google Search Console Berhasil

Situs Terdaftar Google Search Console

Dan kini situs teman-teman sudah resmi terdaftar di Google Search Console. Artinya teman-teman bisa dengan mudah memonitoring kinerja dari website/blog di Google Search Console. Untuk memahami lebih tentang Google Search Console, silahkan teman-teman dapat baca postingan saya tentang Cara Kerja Google Search Console.

Demikian tutorial mengenai Cara Mendaftarkan Website atau Blog ke Google. Semoga Bermanfaat Teman-teman.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *